Posted by : Prisna Defauzi Minggu, 08 Desember 2013


“Sudah baca al-Quran hari ini?” Seruan yang biasanya dibuat dalam bentuk poster, stiker, atau dalam bentuk lainnya ini mungkin tidak jarang kita jumpai di lingkungan sekolah, kampus, masjid, atau tempat umum lainnya. Melalui seruan ini, orang yang membuatnya, memajangnya, atau membagikannya kemudian mencoba menstimulus setiap pembacanya untuk membaca al-Quran. Sehingga tentu saja ini merupakan sebuah amal shalih baginya.

“Sudah baca al-Quran hari ini?” Tidak bisa dipungkiri, lahirnya seruan ini merupakan respon atas permasalahan banyaknya umat Islam yang lalai dari membaca al-Quran. Tujuannya supaya permasalahan tadi dapat terselesaikan atau setidaknya berkurang. Lebih jauhnya supaya umat Islam dapat membiasakan diri membaca al-Quran setiap harinya. Oleh karena itu, seruan tersebut adalah seruan mulia yang patut kita apresiasi.


Namun, terlepas dari semua itu, bila berbicara permasalahan umat, sebenarnya permasalahan yang ada bukan hanya permasalahan itu saja, masih banyak permaslahan lain yang saat ini akrab kita jumpai; seperti masalah narkoba dan minuman keras, pergaulan bebas dan HIV/AIDS, kemiskinanan dan kebodohan, dll. Permasalahan tersebut, jika kita lihat lebih dalam, sebenarnya hanya disebabkan oleh satu akar permasalahan. Akar permasalahan itu adalah karena tidak diterapkannya syariat Islam secara kaaffah dalam berbagai aspek kehidupan; baik itu aspek individu, bermasyarakat, berekonomi, berpolitik, bernegara, dst,. Ini artinya, jika mau serius menuntaskan setiap permasalahan umat yang ada, maka perlu ada seruan yang benar-benar merupakan solusi untuk menyelesaikan akar permasalahan tadi. Seruan tersebut tidak lain adalah seruan untuk melanjutkan kehidupan Islam. Aktivitasnya dilakukan dengan memahamkan umat agar mereka bersedia menerapkan syariat Islam secara kaaffah dalam berbagai aspek kehidupannya. Sebab, ketika syariat Islam diterapkan secara kaaffah, maka permasalahan umat yang ada saat ini akan benar-benar teratasi. 

Namun perlu dipahami, syariat Islam secara kaaffah tidak mungkin dapat diterapkan kecuali dengan khilafah, maka seruannya harus berupa seruan untuk menegakkan Khilafah. Sebab, khilafah adalah satu-satunya metode yang akan menerapkan syariat Islam secara kaaffah, menjaganya, dan yang akan mengemban dakwah Islam ke seluruh dunia. Oleh karena itu: “Sudah perjuangkan khilafah hari ini?” []Prisna Defauzi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muslim Writer -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -