Posted by : Prisna Defauzi Rabu, 11 Desember 2013



Saya yakin kita pernah ngeliat orang lagi ndandani genteng (?). Saya juga yakin kita itu ada yang nganggap pekerjaan begituan biasa-biasa aja (?). Nah, sekarang saya pengen ngeyakinin kita (para ikhwan only) khususnya yang udah berkeluarga (tapi statusnya masih sebatas anak dari orang tuanya) supaya ga lagi nganggap pekerjaan begituan biasa-biasa aja (!). Kenapa? Karena kita yang sekarang lagi berkeluarga  (dengan status sebatas anak dari orang tua  ini) ke depannya insyaallah akan beneren berkeluarga (maksudnya berkeluarga asli dan jadi suami). Betul ga? betul aja lah, Illa man abaa [kecuali bagi yang enggan].. hehe, mudah-mudahan antum bukan termasuk yang enggan. Enggan berkeluarga. Kalo saya jelas bukan termasuk yang enggan :).


Lanjutkan.. Sepakat kan kita ke depannya akan berkeluarga (jawab dalam hati!)? Kalo udah berkeluarga, bukankah kita bakal menjadi kepala keluarga atow pemimpin keluarga (jawab lagi dalam hati!)? Terus, apa tugas dan kewajiban pemimpin keluarga? Kalo ga tau jawabannya searching aja yah di mbah google, atow segera hubungi ustadz terdekat sebelum terlambat, hehe. Nah, dalam coretan ini saya ga pengen terlalu jauh (betul nanti mah emang ga pengen terlalu jauh sama istri, tapi sekarang mah bukan itu maksudnya). Ga pengen terlalu jauh bil makna ga pengen terlalu jauh ngebedah atow ngupas tuntas brkaitan tugas dan kewajiban kepala keluarga. Jadi saya pengen bahas apa dong? Nah ini yang pengen saya bahas!

Kebayang ga suatu saat nanti setelah kita beneran berkeluarga selain empunya istri yang shalihah (amiin) tapi juga empunya rumah bertitel rumahku syurgaku, atow disingkat R.Sy.? kalo belum kebayang ga mesti buru-buru dibayangin kok, hehe. Begini, kalo kriteria istri shalihah justru saya ga pengen bahas, tapi kalo rumah bertitel rumahku syurgaku saya pengen klarifikasi sedikit nih, supaya kita ga gagal paham. Jadi, rumah bertitel rumahku syurgaku bisa jadi rumahnya bagus, atow bisa jadi dulunya pernah bagus (sekarang mah jelek gituh, na’am). Kok rumah yang dulunya pernah bagus bisa-bisanya dikasih titel rumahku syurgaku? bisa! Seterah saya dong, saya inih yang nulisnya. Euits, jangan ga marah. Begini, kalo di rumah itu kebahagiaan udah kebikin lantaran di dalamnya udah terinveksi bakteri baik bernama samara [sakinah, mawaddah, wa rohmah] secara akut, sehingga sangat susah untuk disembuhkan, tuluy juga dijadikan sebagey tempat peristirahatan sehabis aktivitas dakwah, ceuk saya mah udah lulus kok untuk diwisuda dan dikasih titel rumahku syurgaku, ceuk saya.

Terus, apa hubungannya dengan genteng? Yuk balik lagi ngomongin genteng, sekalian juga balik lagi nomongin tugas dan kewajiban kepala keluarga tapi dengan pembahasan ga terlalu jauh kaya yang tadi saya bilang. Jadi begini, bisa jadi nanti selagi kita berkeluarga, kita lagi nyaman-nyamannya bercengkerama bareng anak istri sambil nonton tv, turun deh hujan gede banget. Eh kitanya ga engah ternyata genteng atap rumah kita bocor. Kebocoran deh kita. Kalo udah begitu kudu gimana? ndandani kan. Gimana caranya? ia ndandani, sendiri okeh. Kan bisa sewa jasa orang? Emang sih bisa, tapi masa ia kalo masalahnya cuman sepele begitu pake sewa jasa orang segala? Jangan lah. 

Biar ga bisa berkilah, kalo kasusnya begini gimana: Mertua nyuruh: “A, mumpung lagi di sini, tolong perbaiki genteng rumah bapa yang bocor yah, bapa mau nganterin ibu ngajar ke sekolah dulu”. Nah loh, bisa berkilah ga? Oke, kalopun masih bisa berkilah, gimana kalo kasusnya lebih ekstrim kaya gini: Mertua nyuruh: “A, genteng rumah Bapa bocor, tolong perbaiki A, bapa lagi kurang enak badan, bapa mah duduk di sini aja sambil ngeliatin Aa perbaiki genteng”. Nah loh, kalo udah begitu mau gimana lagi kita, hehe.

Jadi gimana nih, udah yakin belum, yakin meskipun pekerjaan ndandani genteng itu keliatannya biasa-biasa aja, tapi bisa jadi suatu saat malah jadi luar biasa alias jadi genting. Kalo udah yakin, ya udah, berarti coretannya juga udH, alias udah beres sampe di sini. Ada pertanyaan? Kalo ada, cari aja jawabannya ke mbah google, atow segera hubungi ustadz terdekat sebelum terlambat, hehe. []PD - Inspirasi gara-gara disuruh ndandani genteng DTA yang bocor-

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Muslim Writer -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -